Pengantar
Perjalanan
bisnis adalah suatu perjalanan seseorang yang mewakili kantor / organisasinya
ke suatu tempat dengan menemui pihak-pihak tertentu dalam rangka urusan bisnis.
Agar
perjalanan tersebut sukses maka perlu diatur dengan tahapan :
1.
Perencanaan perjalanan
2.
Persiapan dokumen
3.
Membuat daftar perjalanan
4.
Perencanaan transportasi dan akomodasi
5.
Perencanaan keuangan
Kompetensi
Setelah
mempelajari materi ini diharapkan anda dapat :
Menjelaskan
bagaimana mengatur perjalanan bisnis pimpinan suatu kantor/perusahaan.
Mempraktekkan
pengaturan perjalanan bisnis pimpinan suatu kantor/perusahaan.
Materi
Perencanaan
Perjalanan Bisnis
|
||
Rencana
perjalanan bisnis yang baik hendaknya dapat menjawab masalah-masalah sebagai
berikut :
Apa
maksud dan tujuan perjalanan tersebut?
Berapa
lama dan kapan berangkat? Bagaimana jadwal yang pasti tentang keberangkatan
dan kedatangannya?
Transportasi
apa yang akan digunakan?
Di
mana harus menginap?
Pejabat
atau instansi apa yang akan ditemui/dituju?
Perbekalan
apa yang perlu dipersiapkan atau dibawa?
Contoh Perencanaan Perjalanan
Bisnis :
Seorang
Pengusaha tekstil dari Jakarta ingin melakukan perjalanan ke India dengan
tujuan membeli mesin tekstil untuk mengembangkan usahanya,
Lama
perjalanan 5 hari 4 malam berangkat Senin, 12 Juni penerbangan pukul 11.00
WIB dan tiba kembali Jum’at 16 Juni 200.. pukul 15.00 WIB.
Jasa
penerbangan yang digunakan Garuda Indonesia.
Menginap
di Hotel Hilton, New Delhi.
Pihak
yang ditemui Direktur Gandhi Tekstil Enginering, Makerting Manajer dan Sub
bagian Enginering
Perbekalan
yang perlu disiapkan/dibawa adalah :
|
||
|
||
Persiapan Dokumen
|
||
Hal
yang penting dipersiapkan oleh seorang sekretaris dalam mempersiapkan perjalanan
bisnis pimpinannya adalah berkas berkas, peraturan-peraturan, surat-surat,
akte-akte, brosur dan hal lain yang berhubungan dengan masalah yang akan
dibicarakan dalam pertemuan dengan pihak yang akan ditemui.
Khusus bagi pimpinan yang akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri perlu diurus/disiapkan : Semua hal tersebut harus sudah siap sebelum pimpinan berangkat. |
||
|
||
Daftar Perjalanan
|
||
Daftar
perjalanan adalah sebuah daftar yang berisi tujuan kantor tempat kunjungan
dan janji pertemuan dengan pihak tertentu yang telah disepakati.
Khusus
perjalanan bisnis ke luar negeri daftar tersebut menyangkut hal : Hari,
tanggal dan waktu keberangkatan, nama bandara, jenis dan nomor penerbangan
waktu kedatangan, hotel tempat menginap.
Daftar
ini dibuat rangkap 4 yang diperuntukkan :
Hal
ini dimaksudkan agar kantor dan keluarga pimpinan yang ditinggal dapat
mengetahui perjalanan tersebut secara rinci dan apabila ada perubahan maka
sekretaris harus memberitahu kepada semua pemegang tembusan.
Contoh
Daftar Acara Perjalanan
|
||
|
||
Perencanaan
Transportasi dan Akomodasi
|
||
Dalam
merencanakan transportasi dan akomodasi untuk perjalanan bisnis seorang
sekretaris biasanya menggunakan jasa biro perjalanan dan dapat meminta
keterangan selengkap-lengkapnya tentang hal ini.
Baik
masalah tiket pesawat dengan kelas yang dibutuhkan demikian juga tentang
hotel dan apabila kita gunakan maka dapat kita pesan sesuai dengan kebutuhan
dari kantor kita.
Pemesanan
tentunya dapat kita lakukan dengan teliti terutama nama sekretaris, kantor
dan alamatnya secara jelas serta nomor teleponnya.
Tidak
kalah pentingnya kita perhatikan adalah aturan perusahaan tentang perjalanan
bisnis pimpinan bagaimana biaya yang disediakan kelas penerbangan maupun
kelas hotel yang merupakan fasilitas dari kantor kita.
|
||
|
||
Perencanaan Keuangan
|
||
(Sumber : Buku Paket Keahlian
Sekretaris SMK Tingkat 3 ARMICO)
|
||
|
Simulasi
0 Komentar