Lembaga blog of tasiah komputer @life skill education I pendidikan komputer I Blog yang berisi Informasi Pendidikan # Ayo Kursus

Mencatat Pesanan

Materi

Mencatat Pesanan
Prosedur pencatatan berdasar pada data pelanggan yang meliputi :

1. Kode pemesanan

Kode Pesanan

* 1001 = Nomer kode perusahaan
    P      = Pemesanan
    C      = Cepat ( dalam waktu pengiriman 1 s/d 3 hari terhitung dari tgl. Pemesanan )
    S      = Segera ( dalam waktu pengiriman 1 s/d 7 hari terhitung dari tgl. Pemesanan )

2. Daftar nama pemesan
Daftar nama pesanan
• Catatan : prosedur pencatan data pemesan telah diprogram di komputer, dan akan otomatis nama
                   yang muncul dimulai dari huruf A, B, C dst

3. Kode produk yang dipesan
Kode produk yang dipesan


Komunikasi &Negosiasi
1.Teknik komunikasi yang dipilih
Melaksanakan komunikasi dan negoisasi kepada pelanggan dengan :
a.Datang langsung (door to door)

Datang langsung untuk ketemu dengan segmen yang dituju kelebihannya adalah dapat berbicara panjang lebar
b. Surat

c. Telepon




e. Email
f. Pihak ketiga ( perantara )

d. Sms
2. Memilih pemasok
Kriteria pemasok dari sudut :
a. lembaga/perorangan  : Pengusaha kecil, menengah, besar
b. produk                        : Produk makanan dan non makanan
c. Kualitas                       : Kualitas ekspor, non ekspor
d. Kontinyu                     : Sekali barang dipajang, harus terus bisa menyediakan Stock

3. Cara bernegoisasi
  • Membuat asumsi / dugaan tertentu
  • Menguasai secara tepat permasalah dalam negoisasi
  • Analisis SWOT = Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats
  • Menetapkan strategi dan taktik pembicaraan
  • Perhitungan waktu
  • Informasi dari diri sendiri dan pihak yang yang telibat dalam negoisasi

4. Tehnik negoisasi yang win win solution, dengan cara:

 

  • Memuat daftar alternatif keiinginan yang dipilih
  • Menawarkan alternatif terbaik pada lawan negoisasi
  • Penentuan pilihan pada saat negoisasi ( dengan argumentasi keuntungan dari alternatif yang dipilih )
  • Keputusan (kesepakatan), setelah melalui proses pemikiran dan debat argumentasi terhadap berbagai alternatif yang mungkin. Untuk disepakati kedua belah pihak ( ada pengakuan, penerimaan, persetujuan alternatif )
5. Kesepakatan pembayaran
  1. Tunai
  2. Kredit
  3. Cek / bilyet giro
  4. Melalui ATM ( setor tunai di kasir )
  5. Melalui internet dengan kartu kredit

Selanjutnya kami akan menyiapkan pesanan Anda, dan mengirimkannya ke alamat Anda.





Pengisian Formulir Pesanan
Contoh cara mengisi formulir pemesanan produk melalui internet
1.    Tata cara pengisian formulir pesanan barang melalui
§ Lakukan pendaftaran di rabat dot com.
Masukkan informasi yang benar di formulir pendaftaran termasuk alamat email anda yang aktif sebagai login anda.
§ Cari buku-buku yang anda inginkan, jika tertarik dengan buku-buku best seller, silakan klik buku yang ada di kolom Produk best seller di halaman "Home"
§ Masukkan buku yang anda pilih ke basket/keranjang belanja/Shopping cart. Klik "Tambah ke Keranjang" atau "Add to cart" di bagian kanan bawah pada halaman informasi produk. Lakukan proses check out di keranjang belanja anda dengan mengklik tombol check out.

2.    Tahap Informasi Pengiriman
Di halaman ini anda diminta untuk mengisi atau menentukan alamat pengiriman untuk order anda. Setelah data sudah lengkap, silakan klik tombol Lanjutkan/Continue untuk tahap berikutnya yaitu tahap Informasi Pembayaran
3.    Tahap Informasi Pembayaran
Di halaman ini anda diminta untuk mengisi atau menentukan alamat penagihan/invoice untuk order anda. Alamat Pembayaran sifatnya opsional. Anda dapat mengisinya sama dengan alamat pengiriman atau alamat lain sebagai alamat penagihan/invoice.
4.    Tahap Konfirmasi
Anda dapat memeriksa kembali semua data (Alamat pengiriman, Alamat penagihan, dan Daftar pesanan anda).
Jika data sudah lengkap, lanjutkan dengan meng klik "Confirm Order" atau "Proses Order"
5.    Selesai
Proses pemesanan anda telah selesai. Sebagai informasi untuk anda, anda akan segera mendapatkan e-mail mengenai detail pesanan anda.


Menyelesaikan Formulir Pesanan

Apabila produk sampai di tangan pembeli dilakukan tindakan sebagai berikut :
  • Pembeli dipersilahkan mencek jumlah dan kualitas produk
  • Jika produk telah sesuai pembeli diminta menandatangani faktur pembelian, lembar I untuk pembeli, lembar II dan ke III dibawa kembali sebagai bukti telah diterima pembeli
  • lembar II, diberikan ke Bagian Penjualan, lembar III, untuk Bagian Keuangan
  • dibuat laporan penjualan

Posting Komentar

0 Komentar