Mengenai Saya

Foto Saya
Pendidikan merupakan proses dari suatu sistem yang harus dijalani oleh setiap individu untuk mencapai keberhasilan. Mekanisme pelaksanaan pendidikan akan berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan, jika antara penyedia jasa pendidikan dan penerimanya terjadi interaksi yang bersinergi.
Loading...

Minggu, 20 November 2011

Macam-macam bentuk tubuh

Materi

Macam-macam bentuk tubuh
Untuk menutupi kekurangan yang ada pada tubuh, digunakan pakaian. Pakaian yang digunakan atau yang melekat pada diri seseorang merupakan cermin jiwa dan watak seseorang. Dengan berpakaian selain berfungsi untuk menutupi kekurangan pada tubuh Juga akan menambah keindahan si pemakai.
Dalam memilih pakaian yang akan dipakai, kita harus mengetahui apakah pakaian tersebut cocok dengan bentuk tubuh, apakah warna dan modelnya cocok, apakah pakaian yang dipakai sudah sesuai dengan kesempatan yang ada. Semuanya harus dan perlu dipelajari, sehingga ketika memakai pakaian akan terasa nyaman karena pakaian tersebut sesuai dengan selera kita. Pakaian yang dipakai tidak harus mahal, karena pakaian yang mahal belum tentu sesuai dengan tubuh kita.
Macam-macam bentuk dasar tubuh manusia :
          
               1. Kurus                                  2. Gemuk                                  3. Ideal
Setiap benda mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda satu sama lain. Begitu juga dengan bentuk tubuh manusia. Bentuk dasar dari tubuh manusia ada 3 macam, yaitu : kurus, gemuk dan ideal.
Tiga (3) macam bentuk dasar tubuh manusia, yaitu kurus, gemuk dan ideal. Masing-masing mengalami perubahan satu sama lain. Perubahan tersebut terjadi karena tiap manusia mempunyai karakter dan watak yang berbeda. Bentuk tubuh manusia juga ada yang memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut ada pada fisiknya.
Macam-macam bentuk tubuh tersebut adalah : ideal, kurus tinggi, kurus pendek, gemuk tinggi, gemuk pendek, besar badan atas, besar badan bawah.
Macam-macam bentuk tubuh berdasarkan perbandingan tinggi dan berat badan :
      
                1. Ideal                                2. Kurus tinggi                             3. Kurus pendek
                        
            4. Gemuk tinggi                                                        5. Gemuk pendek
                      
             6. Besar badan atas                                        7. Besar badan bawah

Macam-macam garis
Garis adalah salah satu unsur desain yang dapat memperbaiki bentuk tubuh pada desain pakaian. Garis merupakan hasil gerakan satu titik ke titik yang lain sesuai dengan arahnya. Garis dapat terjadi apabila dua buah titik dihubungkan. Garis atau siluet menentukan perkembangan mode pada suatu periode. Siluet pada pakaian dapat diartikan sebagai bentuk luar atau garis batas dari sehelai pakaian.
Para ahli mode ada yang mengelompokkan siluet berdasarkan bentuk huruf, bentuk yang ada di alam, berdasarkan jatuhnya bahan dan tekstur, serta berdasarkan usia.
Dalam desain busana, garis mempunyai fungsi membatasi bentuk struktur atau siluet. Garis pada pakaian dapat terjadi karena model yang dibuat seperti garis hias, contoh garis empire, princess, garis yoke dan garis pada torso.
Garis dapat dibedakan berdasarkan : arah, cara membuat dan bentuk. Berdasarkan arahnya garis dapat dikelompokkan menjadi :
       1. Gambar garis vertikal       2. Gambar garis horizontal       3. Gambar garis diagonal                               
Garis dengan berbagai arah mempunyai sifat dan pengaruh pada pakaian. Sipemakai dapat terlihat tinggi, kurus, gemuk, pendek, lincah dan berwibawa.
1. Gambar garis vertikal
Garis arah vertikal adalah garis memanjang. Garis ini mempunyai sifat kokoh, tinggi, kuat dan berwibawa. Garis arah vertikal juga mempunyai pengaruh terhadap sipemakai, yaitu dapat memberi kesan tinggi, langsing dan seimbang. Garis arah vertikal cocok dipakai untuk orang bertubuh gemuk dan pendek agar kelihatan langsing dan tinggi.
         
2. Gambar garis horizontal
Garis arah horizontal mempunyai sifat tenang, pasif dan stabil. Garis arah horizontal juga mempunyai pengaruh terhadap sipemakai, yaitu memberi kesan menggemukkan, melebarkan dan membesarkan. Garis horizontal cocok dipakai untuk orang dengan bentuk tubuh kurus tinggi. Apabila dipakai akan kelihatan lebih gemuk dan berisi.
  
3. Gambar garis diagonal
Garis diagonal adalah garis miring ke kiri atau ke kanan, mempunyai sifat bergerak, dinamis dan bervariasi sesuai derajat kemiringannya. Apabila derajat kemiringannya ke arah vertikal, maka akan memberi kesan meninggikan, demikian sebaliknya. Garis diagonal mempunyai pengaruh yang lembut, lincah dan gembira pada sipemakai. Garis diagonal dapat dipakai oleh orang kurus dan gemuk karena dapat memberi kesan meninggikan atau menggemukkan tergantung dari derajat kemiringannya.
  
Selain berdasarkan arah, garis dapat dibedakan juga berdasarkan cara membuatnya. Garis berdasarkan cara membuatnya dikelompokkan menjadi dua, yaitu : garis formal dan garis informal.
Garis formal adalah garis yang dibuat secara resmi menggunakan alat gambar dan alat ukur. Garis formal memberi kesan tidak mencerminkan kepribadian sipembuat.
Garis informal adalah garis yang dibuat berdasarkan keinginan sipembuat tanpa alat ukur. Garis informal memberi kesan individual sesuai kepribadian sipembuat.
Garis juga dapat dibedakan berdasarkan bentuk. Garis berdasarkan bentuk dikelompokkan menjadi : Garis lurus, garis zigzag, garis bergerigi, garis berombak, garis lengkung, garis lingkar dan garis bersengkelit.
    1. Gambar garis lurus      2. Gambar garis zig-zag      3. Gambar garis bergerigi                                              
   4. Gambar garis berombak                      5. Gambar garis lengkung                                                  
    6. Gambar garis lingkar                        7. Gambar garis bersengkelit                                                                                     

Pengaruh garis terhadap bentuk tubuh
Garis pada busana mempunyai arti penting bagi sipemakai, karena dapat mempengaruhi bentuk tubuh manusia. Garis dapat juga menutupi kekurangan pada tubuh.
Model dengan garis vertikal        Model dengan garis horizontal        Model dengan garis diagonal                      


Simulasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar