Kompetensi
Setelah
mempelajari materi ini anda dapat :
- Mengungkapkan cara-cara mempertahankan ketertarikan pelanggan terhadap produk
- Mengungkapkan langkah-langkah memotivasi calon pelanggan ke arah kesepakatan
- Memberikan alternatif akses informasi untuk negosiasi lebih lanjut
Cara Memotivasi Calon Pelanggan
Pengertian Negosiasi
Arti
negosiasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses tawar
menawar dengan jalan berunding untuk memberi atau menerima guna mencapai
kesepakatan bersama-sama satu pihak dan pihak lain. Dalam negosiasi jual beli
untuk mencapai kesepakatan seorang penjual di samping harus mempunyai
pengetahuan atas produk yang ditawarkan juga harus mengenal tipe-tipe dari
calon pelanggannya. Dengan demikian dapat lebih mudah memotivasi mereka
menuju kesepakatan dalam negosiasi jual beli.
Cara Memotivasi Calon Pelanggan Menuju
Kesepakatan Negosiasi Jual Beli
Cara-cara
memotivasi calon pelanggan menuju kesepakatan negosiasi jual beli :
1.
Memberikan penjelasan yang berbentuk sugesti tentang manfaat produk
yang ditawarkan
2.
Meyakinkan calon pelanggan bahwa produk yang ditawarkan berkualitas baik dan
harganya bersaing
3.
Mengetahui dan mengenal tipe calon pelanggan, antara lain :
A. Calon pelanggan yang banyak bicara
Cara
memotivasi tipe seperti ini adalah senantiasa mengarahkan pembicaraan ke
arah pembelian, jika sudah tercapai kesepakatan segera mengemas produk tsb.
B. Calon pelanggan yang mengetahui
segalanya
Cara
memotivasi tipe seperti ini tidak perlu membantah meskipun apa
yang diketahuinya tidak seluruhnya benar, beri penjelasan dengan tepat dan
bijaksana sehingga mengarah pada tercapainya kesepakatan.
C. Calon pelanggan yang tidak dapat
memutuskan
Cara
memotivasi tipe seperti ini adalah penjual harus berusaha
mengarahkan perhatiannya dan membantunya mengambil keputusan. Sesudah
penjual menunjukkan berbagai macam barang, segera singkirkan
barang-barang yang tidak menarik perhatiannya sehingga perhatiannya dipersempit
dan mempermudahnya mengambil keputusan.
D. Calon pelanggan yang teliti
Cara
memotivasi tipe seperti ini adalah penjual memberikan penjelasan
yang rinci atas produk yang ditawarkan, melayaninya dengan penuh
kesabaran,setiap rincian penjelasan arahnya menuju kesepakatan bersama.
E. Calon pelanggan yang selalu
menghendaki diskon
Cara
memotivasi tipe seperti ini adalah penjual segera mengarahkan pembicaraan
menuju kesepakatan jika memang saat itu ada pemberian diskon. Jika tidak ada,
berikan alternatif lain selain pemberian diskon misalnya layanan purna jual(
garansi, service center, call center, delivery service ).
Bentuk Layanan Purna Jual Sebagai
Cara untuk Memotivasi Calon Pelanggan
Untuk
memotivasi calon pelanggan ke arah kesepakatan dapat pula diberikan
bentuk-bentuk layanan purna jual, antara lain :
1. Garansi
2. Call center
3. Delivery service
4. Service center
Taktik Bernegosiasi Sebagai Upaya
Memotivasi dan Meyakinkan Calon Pelanggan
Taktik-taktik
negosiasi:
1. Taktik membujuk
2. Taktik berlindung
3. Taktik menakut-nakuti
5. Taktik memberi pilihan
6. Taktik kalah untuk menang
7. Taktik bersabar
8. Taktik persediaan terbatas
9. Taktik pura-pura batal
10. Taktik pura-pura tidak cocok
11. Taktik psikologis
Simulasi
0 Komentar