Lembaga blog of tasiah komputer @life skill education I pendidikan komputer I Blog yang berisi Informasi Pendidikan # Ayo Kursus

Cara Memotivasi Calon Pelanggan Menuju Kesepakatan Negosiasi Jual Beli


Kompetensihttp://belajar.kemdiknas.go.id/images/edukasi/blank.gif
Setelah mempelajari materi ini anda dapat :
  • Mengungkapkan cara-cara mempertahankan ketertarikan pelanggan terhadap produk
  • Mengungkapkan langkah-langkah memotivasi calon pelanggan ke arah kesepakatan
  • Memberikan alternatif akses informasi untuk negosiasi lebih lanjut

Cara Memotivasi Calon Pelangganhttp://belajar.kemdiknas.go.id/images/edukasi/blank.gif
Pengertian Negosiasi
Arti negosiasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding untuk memberi atau menerima guna mencapai kesepakatan bersama-sama satu pihak dan pihak lain. Dalam negosiasi jual beli untuk mencapai kesepakatan seorang penjual di samping harus mempunyai pengetahuan atas produk yang ditawarkan juga harus mengenal tipe-tipe dari calon pelanggannya. Dengan demikian dapat lebih mudah memotivasi mereka menuju kesepakatan dalam negosiasi jual beli.
Cara Memotivasi Calon Pelanggan Menuju Kesepakatan Negosiasi Jual Beli
Cara-cara memotivasi calon pelanggan menuju kesepakatan negosiasi jual beli :
1. Memberikan penjelasan yang berbentuk sugesti tentang manfaat produk yang ditawarkan
2. Meyakinkan calon pelanggan bahwa produk yang ditawarkan berkualitas baik dan harganya bersaing
3. Mengetahui dan mengenal tipe calon pelanggan, antara lain :
A. Calon pelanggan yang banyak bicara
Cara memotivasi tipe seperti ini adalah senantiasa mengarahkan pembicaraan ke arah pembelian, jika sudah tercapai kesepakatan segera mengemas produk tsb.

B. Calon pelanggan yang mengetahui segalanya
Cara memotivasi tipe seperti ini tidak perlu membantah meskipun apa yang diketahuinya tidak seluruhnya benar, beri penjelasan dengan tepat dan bijaksana sehingga mengarah pada tercapainya kesepakatan.
C. Calon pelanggan yang tidak dapat memutuskan
Cara memotivasi tipe seperti ini adalah penjual harus berusaha mengarahkan perhatiannya dan membantunya mengambil keputusan. Sesudah penjual menunjukkan berbagai macam barang, segera singkirkan barang-barang yang tidak menarik perhatiannya sehingga perhatiannya dipersempit dan mempermudahnya mengambil keputusan.

D. Calon pelanggan yang teliti
Cara memotivasi tipe seperti ini adalah penjual memberikan penjelasan yang rinci atas produk yang ditawarkan, melayaninya dengan penuh kesabaran,setiap rincian penjelasan arahnya menuju kesepakatan bersama.


E. Calon pelanggan yang selalu menghendaki diskon
Cara memotivasi tipe seperti ini adalah penjual segera mengarahkan pembicaraan menuju kesepakatan jika memang saat itu ada pemberian diskon. Jika tidak ada, berikan alternatif lain selain pemberian diskon misalnya layanan purna jual( garansi, service center, call center, delivery service ).



Bentuk Layanan Purna Jual Sebagai Cara untuk Memotivasi Calon Pelangganhttp://belajar.kemdiknas.go.id/images/edukasi/blank.gif
Untuk memotivasi calon pelanggan ke arah kesepakatan dapat pula diberikan bentuk-bentuk layanan purna jual, antara lain :
1. Garansi
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/materi_pokok/MP_438/Image/Hal_11.jpg

2. Call center
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/materi_pokok/MP_438/Image/Hal_12.jpg

3. Delivery service
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/materi_pokok/MP_438/Image/delivery.png

4. Service center
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/materi_pokok/MP_438/Image/Hal_14%281%29.jpg

Taktik Bernegosiasi Sebagai Upaya Memotivasi dan Meyakinkan Calon Pelangganhttp://belajar.kemdiknas.go.id/images/edukasi/blank.gif
Taktik-taktik negosiasi:
1. Taktik membujuk
2. Taktik berlindung
3. Taktik menakut-nakuti
5. Taktik memberi pilihan
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/materi_pokok/MP_438/Image/Hal_19.png
6. Taktik kalah untuk menang
7. Taktik bersabar
8. Taktik persediaan terbatas
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/materi_pokok/MP_438/Image/Hal_22.jpg
9. Taktik pura-pura batal
10. Taktik pura-pura tidak cocok 
11. Taktik psikologis

Simulasi

Posting Komentar

0 Komentar